Kamis, 24 Desember 2009

Jelang natal dan tahun baru, Borobudur dan objek wisata lainya diperketat

MAGELANG -- Selain tempat ibadah umat kristiani, obyek wisata Candi Borobudur dan sejumlah obyek wisata lainya, selama perayaan Natal hingga malam Tahun Baru 2010 mendatangakan mendapat pengamanan ekstra.

''Selain tempat-tempat ibadah umat kristiani, Candi Borobudur dan sejumlah obyek wisata lainnya pada perayaan Natal dan Tahun Baru akan mendapat perhatian pengamanan,'' terang Wakapolwil Kedu, AKBP Sukadji kepada wartawan usai Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2009 Garnizun Magelang yang di Alun-alun Kota Magelang, Rabu ( 23/12).

Untuk mengamankan perayaan Natal 2009 dan tahun baru, jajaran Polwil Kedu mengerahkan sebanyak 1.626 personel Polri. Selain itu, pengamanan juga akan dibantu instansi lain seperti dari unsur TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan elemen masyarakat lainnya. "Instansi samping yang membantu Polri dalam pengamanan Natal 2009 dan malam tahun baru 2010 sekitar 750 personel. Sehingga jumlah tenaga pengamanan di wilayah eks Karesidenan Kedu mencapai 2.384 personel,"katanye menambahkan.

Lebih jauh Sukadji mengatakan, mereka akan disebar di sejumlah titik di wilayah eks karesidenan Kedu, yang meliputi Kabupaten/Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Wonosobo, Purworejo dan Kabupaten Kebumen.''Selain tempat ibadah sejumlah tempat rekreasi dan tempat penting lainnya juga akan mendapat pengamanan,'' katanya.

Untuk pengamanan tempat ibadah umat Kristiani yang akan menjalankan ibadah Natal, tambahnya, pihaknya akan melakukan sterilisasi tempat ibadah, termasuk memeriksa tas atau barang bawaan umat. ”Ini kami lakukan untuk mencegah adanya gangguan kamtibmas yang membahayakan , maka dua jam sebelum kebaktian dilaksanakan akan dilakukan sterilisasi oleh petugas keamaman.''

Menurutnya, sterilisasi gereja-gereja dan pemeriksaan terhadap para jemaat yang akan melaksanakan kebaktian tersebut, salah satunya untuk mengantisipasi adanya ancaman terorisme. Sukadji menambahkan, jumlah gereja yang ada di wilayah esk Karesidenan Kedu berjumlah 82 buah yang tersebar di lima kabupaten/kota. Pihaknya juga akan melakukan pengamanan di 17 tempat rekreasi yang diperkirakan banyak dikunjungi pengunjung selama liburan natal dan tahun baru.

Menyinggung target prioritas pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2009, ia mengatakan, antara lain terwujud rasa aman dan nyaman masyarakat dalam melaksankan kegiatan beribadah maupun berwisata serta keamanan wilayah permukiman yang ditinggal penghuninya.Sementara itu, jajaran Polres Temanggung, kemarin juga melaksanakan gelar pasukan di halaman Mapolres setempat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kotak Pesan



Followers

Nomer Penting

Kode Telefon (0293)

Polwil kedu : 363301
Polres Magelang : 362187
Polresta magelang 314451
RSU Muntilan : 587004
RSU Tidar : 362463
PMI : 362781
PDAM : 788096
Gangguan PLN : 362259
P Kebakaran : 788213
P kebakaran : 362300

Data Kunjungan

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino