Senin, 05 April 2010

Siapakah Sebenarnya sosok Simo Lodro ?

Kita semua tahu bahwa kelompok supporter PPSM Sakti magelang adalah Simo Lodro, tapi ternyata banyak yang tidak tahu siapa sebenarnya sosok Simo Lodro itu. Mungkin hanya pendukung PPSM Sakti yang sudah berusia agak lanjut yang mengetahui siapa sebenarnya sosok Simo Lodro itu.

Simo Lodro sebenarnya adalah sosok fiktif di dalam cerita novel dan Sandiwara Radio yang berjudul "Naga Sasra dan sabuk Inten" karangan S.H Mintardja. Naga Sasra dan Sabuk Inten adalah cerita sandiwara radio yang sangat terkenal di jamanya

nagasasra.jpg

Sebenarnya sosok Simo Lodro di dalam cerita Naga Sasra dan Sabuk Inten" bernama Sima Lodra, tapi karna banyak masyarakat yang lebih enak mengucapkan Simo Lodro daripada Sima Lodra, maka masyarakat lebih sering mengucapkan sosok Sima Lodra dengan nama Simo Lodro (maklum, lidah jawa sering enak mengucapkan kata berakhiran a dengan bunyi o, lebih tepatnya antara O dan A).

Sima Lodra adalah seorang pemimpin kelompok perampok atau penyamun yang terkenal di alas jawa. Ia mempunyai jurus maut yang bernama jurus Cakar Harimau, di dalam cerita, Sima lodra adalah sosok sakti mandraguna dan sulit ditandingi, disegani oleh lawan maupun kawan. Di dalam cerita, Sima Lodra muncul sebagai seorang penyamun yang menghadang mahesa jenar di Kerajaan Ratu Boko (Prambanan).

Lalu apa hubunganya Sima Lodra dengan Magelang? Hubunganya adalah karna Sarang dari Kelompok penyamun yang dipimpin oleh Sima Lodra adalah di Bukit Tidar yang Notabene adalah trade mark kota magelang. Oleh karna itu maka kemudian nama kelompok Supporter magelang dinamakan Simo Lodro.

Gimana, kalian sudah tahu kan bagaimana sejarahnya nama Simo Lodro ?

Silahkan Copas asalkan tetap mencantumkan Sumbernya

1 komentar:

ryosetyo on 5 April 2010 pukul 21.56 mengatakan...

Nice info,,,????

Posting Komentar

 

Kotak Pesan



Followers

Nomer Penting

Kode Telefon (0293)

Polwil kedu : 363301
Polres Magelang : 362187
Polresta magelang 314451
RSU Muntilan : 587004
RSU Tidar : 362463
PMI : 362781
PDAM : 788096
Gangguan PLN : 362259
P Kebakaran : 788213
P kebakaran : 362300

Data Kunjungan

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino