Senin, 30 November 2009

Kresna theatre , bioskop kenangan kota magelang

Memandang bangunan bekas bioskop Kresna saat ini sangat memilukan, padahal lokasi di tengah kota tepatnya di ujung jalan pecinan. Bentuk bangunannya pun sangat orisinal jaman Belanda. Seandainya difungsikan lagi dan dibenahi dengan seksama pasti jadi landmark yang sangat pas untuk kota Magelang.
Melihat foto Kresna Theatre jadi terkenang saat2 masa kejayaannya dulu. Dulu bersama bioskop Rahayu, Mbayeman, Magelang dan Tidar Theatre. Kresna merupakan salah satu pilihan untuk menonton bioskop karena apa ?? di Bioskop ini ada balkon untuk menonton, jadi ada kelas Balkon layaknya nonton opera.. he3... Sepertinya ada tambahan biaya untuk menonton dari balkon ini. Saya paling senang nonton dari balkon karena bisa melihat juga suasana penonton yang ada di bawah.


bioskop kresna masa kini

Yang istimewa dari bioskop di Magelang itu ada karcis kelas OSIS dan kelas ABRI. Kalau beli karcis pake kartu OSIS atau kartu ABRI pasti ada potongan yang cukup lumayan dan ini hanya ada di magelang, di kota2 lain ternyata tidak ada. Nah dengan adanya karcis OSIS ini kartu OSIS menjadi sangat berharga, dulu pernah sampai rebutan untuk dapat kartu OSIS dan pernah juga memalsu kartu OSIS dengan mengganti foto`nya.. ha3 cuman buat nonton bioskop.

Saya jadi teringat cerita bapak saya yang mengatakan bahwa dulu,bioskop kresna adalah bioskop paling laris di jamanya,hal ini mungkin dikarenakan karna harga tiket masuk bioskop yang relatif murah sehingga bioskop ini sering digunakan oleh para pemuda-pemudi jaman dulu yang sedang kasmaran untuk menghabiskan malam minggu sambil menonton film yang diputar di bioskop,tak terkecuali bapak dan ibu saya


bioskop kresna pada jaman dulu (saat laris-larisnya)

Sayang bioskop di Magelang tidak bisa bangkit lagi, padahal di Jakarta dan kota2 besar lainnya sudah punya penggemar2 lain lagi ?
Di Magelang cuman tinggal 2 bioskop saja, Magelang dan Tidar Theathre. Rahayu sudah jadi Swalayan Gardena, Kresna jadi terbengkalai seperti itu dan Mbayeman sementara jadi gereja, tapi sekarang lagi dibangun lagi, katanya mau jadi swalayan juga.

sumber : hampala.multiply.com/journal/item/40/Kresna_Theatre

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kotak Pesan



Followers

Nomer Penting

Kode Telefon (0293)

Polwil kedu : 363301
Polres Magelang : 362187
Polresta magelang 314451
RSU Muntilan : 587004
RSU Tidar : 362463
PMI : 362781
PDAM : 788096
Gangguan PLN : 362259
P Kebakaran : 788213
P kebakaran : 362300

Data Kunjungan

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino